Cara Mengobati Sariawan di Tenggorokan yang Sering Kambuh

Sariawan memang dapat diatasi dengan berbagai metode. Salah satu caranya, bisa menggunakan obat alami. Obat sariawan herbal mudah dijumpai karena dapat tumbuh di sekitar rumah. Beberapa contohnya adalah aloe vera, daun kemangi dan air kelapa. 


Bahan tersebut dipercaya ampuh mengatasi berbagai permasalahan sariawan yang ada di area mulut, baik itu di lidah, gusi maupun tenggorokan. Selain mengobatinya dengan alami Anda juga bisa mengatasinya dengan Aloclair karena juga memiliki komposisi yang sangat aman untuk digunakan. Jika Anda ingin tahu lebih detailnya,  yuk simak ulasan berikut!


5 Obat Sariawan Alami
1.    Tanaman Herbal Cengkeh
Obat sariawan herbal pertama yang ampuh untuk mengatasi pengobatan rumahan adalah cengkeh. Bahan ini dikenal luas memiliki kemampuan membunuh bakteri dan bisa membantu mempercepat menyembuhkan sariawan. 



Cara mengobatinya pun juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengunyah beberapa biji cengkeh yang sudah kering selama beberapa menit. Selain kuncup cengkeh, Anda bisa memanfaatkan minyak cengkeh dengan mengolesi di bagian lukanya. 


2.    Menggunakan Cuka Sari Apel
Cuka sari apel merupakan obat alami yang cukup populer karena dianggap ampuh dalam mengatasi sariawan beserta gejalanya. Ramuan alami ini juga relatif mudah untuk ditemukan bahkan di toko online sekali pun. 


Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan secangkir air hangat, dan gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik. Namun anda bisa menggunakan obat sariawan Aloclair, jika dirasa kurang cepat mengatasi luka memakai cuka apel. 


3.    Kunyit
Masyarakat Indonesia memang sudah tidak asing lagi dengan kunyit. Pasalnya, bahan ini kerap digunakan sebagai bumbu masakan atau pewarna alami makanan. Sebagian orang menggunakannya sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk sariawan di area mulut.
Cara mengobati sariawan dengan kunyit bisa dilakukan dengan cara memarutnya. Lalu hasil dari parutannya dioleskan pada luka atau di larutkan dan digunakan menjadi obat kumur. Anda juga bisa memanfaatkan bubuk kunyit yang dicampurkan dengan air. 


4.    Tanaman Lidah Buaya
Obat sariawan yang bisa dibudidayakan dengan mudah adalah lidah buaya atau dikenal sebagai aloe vera. Selain bisa mengatasi berbagai macam penyakit, tanaman ini juga sering digunakan dalam bidang farmasi, industri makanan, dan kosmetik. Bahkan ada juga obat sariawan seperti Aloclair yang menggunakan Alovera sebagai bahan bakunya.


Mengobati sariawan menggunakan aloe vera sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengambil sedikit gel pada lidah buaya dan kemudian aplikasikan pada area mulut yang terkena sariawan. Diamkan selama kurang lebih lima menit sebelum dibilas dan dibersihkan. 


5.    Menggunakan Obat Sariawan Kemasan yang Memiliki Komposisi Bahan Alami
Apabila obat herbal tidak dapat mengatasi luka pada sariawan secara alami. Jangan ragu untuk mempertimbangkan obat ampuh yang di jual di apotek. Obat yang dijual di apotek biasanya diformulasikan secara medis dan dikemas menggunakan teknologi yang sangat modern. 


Tidak usah khawatir, karena obat sariawan juga dibuat secara alami menggunakan kayu manis, ekstrak lidah buaya dan licorice atau akar manis. Anda bisa memilih produk seperti Aloclair karena aman untuk bayi hingga manula. Selain itu, komposisinya bebas alkohol dan mengandung bahan yang efektif melindungi luka agar cepat pulih. 


Itulah beberapa obat alami yang bisa Anda temukan dengan mudah untuk mengatasi sariawan. Memang benar bahan tersebut dipercaya ampuh mengobati luka di area mulut, akan tetapi terkadang kurang efektif jika tidak diaplikasikan secara teratur. Maka dari itu gunakan obat sariawan ini untuk mempercepat proses penyembuhan.